Friday, August 15, 2008

TANAH AIR INI

Tanah ataukah air, hal yang mungkin pantas untuk diperdebatkan. Bukan sajak atau puisi bahkan gurindam sekedar dua kata bisa disebut dwi kata, frase, kalimat majemuk yang tak dapat dipisahkan seperti Soekarno-Hatta.

Rangkaian kata,… TANAH AIR. “Bumi dipijak,Disitu langit dijunjung”, suatu hal pantas untuknya. Sebuah pribahasa lama, “Disitu kita tinggal dan lahir..disitu pula kita membawa dan membanggakannya”. Mungkin bukan hanya membanggakannya tapi lebih dari itu, membawanya ke peraduan para cendikiawan ulung dan penulis sejarah.

TANAH AIR…TANAH AIRKU; Tanah airku sering disebut tanah runtuhan dari surga, entah kenapa….penjelajah samudera dari barat dulu sampai sekarang sering kesini, bukan masalah rempah-rempah lagi tapi isi dibawahnya. Dibawah tanah itu; Mutiara putih hingga yang hitam, Batu kali sampai intan, Bongkahan kapur hingga emas, ditambah bonus hamparan laut luas berisi milyaran ton ikan.
Merdeka yang membawaku disini. Pahlawanlah yang membopong Merdeka ke tangan kita. Menggenang jasa-jasa pahlawan yang rela mempertahankan Bendera itu; itu bukan sekedar helaian biasa, iapun bergelar Sang Sangka. Itulah Bendera Sang Saka Merah Putih. Meneruskan perjuangannya sangatlah perlu bahkan wajib.
Jangan hanya ongkang-ongkang menikmati kemerdekaan ini, dan seraya tak peduli dengan kegigihannya. Menelusuri, menginovasi, Mengkaji lebih jauh yang ada dinegri ini.
Jangan hanya mengeruk ilmu, sekolah diluar, lalu pergi menuangkan ilmu yang diperoleh untuk negri sebrang dan lupa akan blumbangannya.

Indonesia….sebuah negara besar. Baik besar wilayahnya,kepulauannya, budayanya, bangsanya bahkan harga dirinya.

Ambalat, Sipadan-Ligitan, Sebatik, hanya segelintir peristiwa yang pernah menguji harga diri kita. Layaknya emas, perhiasan, bila perlu orang tua kita sendiri untuk memperlakukan negri ini. Tangisnya mungkin belum usai, tak jauh dari pelupuknya terlihat harapan. Mungkin harapan itu bisa kita bangun, kita disini bukan membangun sangkar burung dari abu jerami, hanya seperti membuat bangunan dari lego. Yang diperlukan ketekunan dan keteguhan hati para nasionalis dan tangan-tangan terampil diantara kalian.

Sumbangkan ilmu, Dedikasikan, Percayailah dirimu untuk negrimu. Yang dibutuhkan hatimu dan kepercayaan akan dirimu pula.

Cukup dedikasikanlah dirimu, letakkan jiwamu sepenuhnya, pertaruhkan skillmu, Bangun jiwanya, dan bersainglah dikancah Internasional dan banggalah hal itu.

Untuk sebuah negri yang Bhineka Tunggal Ika.
negri yang ramai karena keragamannya
negri yang ngeri karena kekuatannya
negri yang elok karena keramahannya
negri yang luhur karena Bangsanya

Itulah Nusantaraku,TANAH AIRKU…..

INDONESIA


4 comments:

balidreamhome said...

pertamaxxxx nih..

Tanah airku memang tanah air yang luar biasa bro, saya juga sangat bangga menjadi orang Indonesia !!

Anonymous said...

opo wi' saiki lo tanah kredit, air ae sering mampet, listrik sering byarpet. Apanya yang tanah air.

Steven S said...

apa makna pahlawan yg dulu berjuang....


???????


tanya kenapa2

Anonymous said...

Happy Wednesday! Bloghoppin' here... Hey, I have an interesting tutorial for you that I have written myself. It is about adding Adsense on your Single Post in XML template. I hope you'll like it! God Bless you!